Kusen Upvc dan Alumunium

Credit by: http://kusenjendelaupvc.com/

dewaupvc.com – Setiap hunian baik rumah, villa, apartemen pasti selalu membutuhkan kusen pada jendela atau pintu yang digunakan. Kusen sendiri merupakan bagian kontruksi pintu dan jendela yang berguna untuk membuat hubungan antar pintu dengan tembok. Selain berguna untuk membuat hubungan antar pintu dan tembok. Kusen juga berguna untuk perletakan daun pintu ataupun jendela sehingga dapat dibuka ataupun ditutup. Dahulu penggunaan kusen biasanya terbuat dari kayu. Tampilan kayu yang indah membuat kusen terlihat sangat estetik dan membuat hunian kita terlihat klasik. Namun, di balik kelebihan tersebut. Material kayu banyak memiliki kekurangan seperti mudah lapuk, tidak tahan rayap, mudah rusak dan lain sebagainya. Oleh karena itu banyak yang berpindah pada kusen aluminium dan upvc. karena kedua material tersebut dianggap memiliki lebih banyak fungsi di bandingkan material kayu. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kusen dengan material alumunium dan upvc.

Kelebihan dan kekurangan upvc

Credit by: http://windownesia.co.id/

Upvc adalah singkatan dari (Unplasticized Poly Vinyl Chloride). Material upvc adalah material turunan plastik yang diproses dengan sedemikian rupa hingga sifat lenturnya hilang dan teksturnya menjadi keras. Sehingga dapat digunakan untuk kusen pintu ataupun jendela.

Upvc mempunyai beberapa kelebihan seperti:

1. Kusen upvc tahan terhadap rayap.

Kelebihan satu ini dikarenakan material upvc bukan terbuat dari kayu . hal tersebut membuat rayap enggan untuk singah pada kusen.

2. Kusen upvc tidak merambat panas.

walaupun upvc terbuat dari material turunan plastik, nyatanya kusen upvc mampu untuk menghalau suhu panas merambat pada permukaan kusen.

3. Anti terhadap karat.

Karena bahan pembuatanya tidak memiliki unsur logam, hal tersebut menjadikan kusen upvc anti terhadap karat yang dapat merusak kusen.

4. Mempunyai banyak model yang bervariasi

Saat kita ingin memesan kusen untuk pintu maupun jendela dengan berbahan upvc, model yang ditawarkan akan bervariasi. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan model yang itu itu saja.

Credit by: https://kusen.co.id/

Dibalik kelebihan yang ditawarkan material upvc juga mempuyai kekurangan yaitu:

1. Kusen upvc tidak tahan akan benturan keras.

Kusen upvc mudah sekali retak ataupun rusak jika terkena benturan yang cukup keras, oleh karena itu jika berdekatan dengan kusen pintu ataupun jendela dengan bahan upvc. Sangat di anjurkan untuk berhati hati saat menggunakanya.

2. Harga yang ditawarkan juga cukup mahal dibandingkan kusen alumunium.

Harga yang beredar untuk kusen berbahan alumunium jauh lebih terjangkau di bandingkan dengan kusen berbahan upvc.

Kelebihan dan kekurangan alumunium

Credit by: https://www.karuniapratamanugra.com/

Material aluminium adalah material alternatif selain kayu untuk mebuat kusen. Material kusen alumunium ini lebih banyak memiliki kelebihan yang ditawarkan daripada material kayu. Seperti tidak mudah lapuk, tidak mudah terserangan rayap, mempunyai bobot yang ringan dan sebagainya. Agar lebih jelas berikut adalah kelebihan yang dimiliki material kusen alumunium:

1. Dapat di daur ulang.

Ternyata material kusen alumunium dapat kita daur ulang setelah di pakai. Hal ini membuat material kusen alumunium menjadi lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan material alumunium sebagai kusen pada pintu atau jendela anda dirumah, maka anda telah berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

2. Material kusen alumunium tahan lama.

Karena mempunyai sifat yang tahan rayap, tidak mudah lapuk, dan tahan akan perubahan cuaca, membuat kusen alumunium menjadi tahan lama untuk digunakan. Hal tersebut juga membuat anda tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk mengganti kusen.

Credit by: https://3dwarehouse.sketchup.com/

Material kusen alumunium juga memiliki kekurangan yaitu model yang ditawarkan kusen alumunium tidak variatif. karena kusen alumunium merupakan produk pabrikan sehingga model yang digunakan pun standar pabrik pembuatnya.

Dan juga kelemahan lain yang dimiliki kusen alumunium adalah. Pemasangan nya cukup sulit karena jika salah sedikit pada pemasangan akan membuat seolah kusen tidak bisa di pakai lagi.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masing masing material kusen upvc dan alumunium. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua material tersebut. Dapat kita jadikan sebagai pertimbangan apabila suatu saat kita ingin menggunakan kusen untuk pintu ataupun jendela kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!